Sabtu, 15 September 2012

"Belajar"

Ilustrasi Terapi Okupasi

Dalam sebuah sekolah inklusi, ABK pasti akan mendapatkan sebuah terapi (atau kalo ditempat gue membahasakannya dengan 'belajar')

Inilah beberapa terapi yang biasa dilakukan...

Terapi Sensori Integrasi (SI) merupakan suatu proses neurologi dalam mengatur dan menterjemahkan input sensori, untuk dapat memberikan respon sesuai dengan input tersebut.  

Dalam terapi SI, anak akan dituntun untuk melakukan aktivitas yang menantang kemampuannya dalam memberikan respon yang sesuai terhadap input sensori yang diterimanya.

Terapi Okupasi adalah profesi kesehatan yang merupakan bagian dari rehabilitasi medik, bertujuan membantu individu dengan kelainan dan atau gangguan fisik, mental maupun sosial, dengan penekanan pada aspek sensomotorik dan proses neurologis.

Terapi Perilaku (Behaviour Therapy) adalah pendekatan untuk psikoterapi yang didasari oleh Teori Belajar (learning theory) yang bertujuan untuk menyembuhkan psikopatologi seperti; depression, anxiety disorders, phobias, dengan memakai tehnik yang didisain menguatkan kembali perilaku yang diinginkan dan menghilangkan perilaku yang tidak diinginkan.


Terapi Wicara adalah ilmu yg mempelajari perilaku komunikasi yang normal dan abnormal, yang digunakan untuk memberikan terapi pada penderita gangguan perilaku komunikasi yang meliputi kemampuan bahasa, bicara, suara, irama kelancaran, sehingga penderita gangguan perilaku komunikasi mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar dan tidak mengalami gangguan psiko-sosial serta mampu meningkatkan hidup optimal.

Terapi Patterning adalah suatu bentuk upaya mem”pola”kan (patterning) gerakan-gerakan motorik yang bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi dalam otak yang mengalami cedera atau kerusakan agar dapat berfungsi kembali secara mandiri. 

Terapi Avasin 


*dari berbagai sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca postingan ini...

Yuk dibudayakan mengomentari :)